Monday, May 22, 2006

fenomena status

Kadang (sering kalee...) kita mengeluh, kenapa sih udah lama kerja, tp status masih blm permanen juga. Kontrak terus!
Sampai akhirnya membuat kita jadi dismotivasi dlm bekerja.
"Ngapain kerja rajin2. Toh status gak akan berubah...."

Di kantor isinya cuma ngeluh terus. Gak ada case aja ngeluh, apalagi pas ada case. Makin lancar aja tuh keluhan "Udah cuma kontrak, case gak abis-abis... salah-ku ki opo tho yo???"

Padahal jika kita mau mencoba melihat apa yg terjadi dr sisi lain, bagaimana orang2 di luar sana yg mungkin lebih pintar, lebih kreatif, lebih bersemangat, tapi tdk mendapat kesempatan bekerja spt kita.
Bagaimana mereka pontang panting ke sana kemari mencari pekerjaan, tapi nasib baik blm berfihak pada mereka. Mereka memandang kita dengan tatapan iri. Seraya membatin " kapan ya aku bisa spt itu?"
Atau mungkin, pernahkah kita berfikir, jika saat ini kita diberi kesempatan utk jadi pegawai permanen, dgn gaji yg lebih besar dan fasilitas yg lebih baik, yakinkah kita bahwa kita tdk akan mengeluh lagi?

Friends, mulailah bekerja tanpa melulu memikirkan status. Jgn sampai fenomena status membuat kita dismotivasi, yg mengakibatkan kualitas kerja menurun. Toh banyak jalan lain utk maju. Jika kantor kita yg sekarang tdk bisa menghargai jerih payah kita, kenapa gak coba di kantor sebelah?
Bekerjalah sebaik mungkin, sambil terus berdo'a dan berusaha, agar yg Maha Kuasa tdk segan menunjukkan kita jalan terbaik bagi karir kita.
Saya yakin, yg baik akan mendapat yg terbaik dan yg jelek akan mendapat balasan yg setimpal (lho... kalimatnya kok jd kejem ...hihihiii)

Eh... ada yg tertarik jadi enterpreneur gak? Kayaknya asik juga tuh...

6 comments:

Anonymous said...

berhubung dan berhubung dan sekali lagi berhubung.....aku merasakan hal yang sama hiks hiks :)...jadi mau cerita nih...sempet diriku merasa down sehari gara2 dirikyu melihat fenomena"knp temenku bisa keterima PNS", SEDANGKAN dulu aku pnah coba eh tp gak berhasil...kemudian memang YANG KUASA itu adil...abis aku merasa down kayak gt tiba2 aku disadarkan dengan melihat temenku yang lain yang keadaannya lbh parah dari aku....seperti memang jalan dan garis hidup tiap org itu beda....gimana kita menyikapi dan belajar sesuatu dari masalah atau belajar kondisi yang kita hadapi...
dah lulus blm kita dari kondisi itu???? kok mau masuk kondisi yang lain ( yg kita PIKIR baik padahal blm tentu ). ok prends tetep semangat !!!!!

Anonymous said...

Wah, ini masalah pola pikir juga..kalo status yang dimaksud, adalah pekerjaan tetap gaji tetap (Khususnya PNS) walo doyan mangkir dan seenaknya kerja... menurutku masyarakat harus tau bhw saat ini PNS seperti itulah yang bikin negara kita bangkrut. Ada 4 Juta PNS di Indonesia,... kalo
30 persen saja bermental cuma cari status kayak gitu...negara kita tahun 2020 bangkrut Ancur, Men. Aku sendiri (Kebetulan PNS, he..he.. kesindir juga nih), lebih setuju PNS di Indonesia sistem kontrak aja, misal 8 tahun kerja, lalu diuji lagi dengan sertifikasi ulang oleh Tim Independen untuk memastikan kontrak mereka di Lanjut atau Pecat dengan Pesangon bervariasi menurut Konditenya. Aku, dengan dukungan semua sobat kerabat keluarga akan selalu berusaha mempertahankan agar Rahmat Allah sebagai PNS ini kuniatkan kerja untuk kebaikan, kerjaan yg ada adalah amanat dan kewajiban dan semua dilakukan untuk IBADAH... InsyaALLAH yg terbaik pasti dtg buat kita... (halah, minjam komentar Dita). Moga Nasibmu Makin Baik, Mei..mei..Amiin

Anonymous said...

hehehe....a classic vintage opinion....

yang kalo diulur-ulur lagi kalo menurutku "what a truly defensive opinion" ...CMIIW..

emang si kita selalu diajarkan untuk melihat kebawah...kepada orang-orang yang tidak lebih beruntung daripada kita...
at the bright sight....we always think humble...hidup prihatin nek jarene wong jowo...iyo tho??
at the other side??kalo boleh suudzon ya....it's more like a defensive quote yg berusaha menahan kita for not to overwhelming...try to not dream too much...being realistic is good...but life without a dream is totally static....then what's your life for??

btw...being an entreprenuer???
hell yeah.....^_______^

-madapoenya-

Anonymous said...

Gw setuju bgt tuh, life without a dream is totally static. karena cuma org mati yg gak punya lg mimpi (buat apa juga). Bersyukur terhadap apa yg udah kita dpt kan bukan berarti kita berhenti punya cita2.
Cuma, apa yg aku coba sodorkan di sini adalah, ngapain amat ngeluh terus.... dan ngeributin masalah status. Kerja aja yg bener sambil terus berusaha (the point is : terus berusaha...)

Kalo dibilang opiniku more like defensive qoute... ya... that's ok. But, mengkambing hitamkan status spy punya alasan utk dismotivasi or bekerja asal2an ya.... childish dong... (anak kecil kan hobbynya nyalahin org lain or keadaan)....hihihi...

Anonymous said...

Jika kantor kita yg sekarang tdk bisa menghargai jerih payah kita, kenapa gak coba di kantor sebelah?
--->gw lbh t'tarik sm yg ini deh:)
mungkin krn ini gw menetap di negara katamso tercinta ya....hihihihi
frens, ambil positifnya aja deh. setidaknya kt punya tman2 yang asik. kompak. kurang apa coba????

Anonymous said...

mmm...kurasa ya begitulah manusia. tidak pernah merasa puas...sekarang ribut masalah A, kalo udah terpenuhi ntar ngeributin masalah B. masalah B kelar, heboh masalah C. semua emang tergantung pada kebutuhan individu masing2. Dan manusia pada dasarnya punya prinsip hedonisme alias senang2, maunya yang enak2 tanpa susah2 ato usaha yang berat.walaupun porsinya kuueciiiilll banget dan bahkan tidak dominan, tapi kita pasti punya dan berbeda2 pada setiap orang.
Dan...kembali lagi, itulah salah satu yang cukup mempengaruhi cara berpikir kita.

menurutku, mereka yang suka ngeluh itu sebenarnya kurang capable ngerjain tugas, kurang qualified, ato emang not qualified at all. jadi mereka ketakutan sendiri "wah gue kok gak diangkat2 tetap, ya?ntar kalo di-PHK gimana?". kalo mereka qualified, yakin akan potensi diri,mereka tinggal tenang2 aja karena company pasti butuh people like them, atau bisa dengan jeli melihat kans di tempat lain yang lebih bagus sehingga tinggal pindah kantor aja. kalo merasa kurang qualified, cepat2 lah memperkaya diri dengan berbagai skill dan menjaga performance kerja agar tetap baik sehingga company gak rugi udah nge-hire kita. last...bersyukurlah...dah dapet kerjaan sementara yang lain susah banget cari kerja....