Saturday, March 06, 2010

MENCAIRKAN JAMSOSTEK

Temans,

Ternyata mencairkan JAMSOSTEK mudah banget lho. Asal kita udah ngelengkapin syarat-syaratnya.

Saya datang ke kantor Jamsostek Yogyakarta hari selasa 2 maret 2010. Sampai di sana, ada papan petunjuk pengisian form dan syarat-syarat yang harus dibawa. Karena saya belum membawa syarat-syarat tersebut, ya udah, pulang lagi deh.

Kamis 4 maret 2010, saya datang lagi ke kantor Jamsostek Yogyakarta, dengan membawa:

1. Formulir yang sebelumnya sudah saya ambil di kantor Jamsostek pada hari selasa itu. Form-nya ada 3 macem. Saya lupa apa aja namanya. Yang pasti salah satunya adalah surat pernyataan yang harus diberi materai Rp. 6000

2. Foto kopi KTP (harus sesuai dengan KK) 2 lembar, beserta aslinya

3. Foto kopi Kartu Keluarga (KK) 2 lembar, beserta aslinya

4. Foto kopi Surat pengalaman kerja dari perusahaan 2 lembar, beserta aslinya

5. Kartu anggota JAMSOSTEK asli

Syarat lainya adalah masa keanggotaan Jamsostek sudah 5 tahun, dengan masa tunggu 1 bulan (untuk yang sudah tidak bekerja lagi). Untuk yang masih bekerja, yang penting kenggotaan Jamsostek sudah melebihi 5 tahun.

Sampai di kantor Jamsostek Yogyakarta dengan membawa semua persyaratan, saya mengambil nomor antrian. Asal tau aja, temans, pelayanan customer service dimulai jam 8 pagi. Saya sampai di sana jam 7.45 dan sudah dapet nomor antrian 10 (orang-orang pada dateng jam berape ye?)

Kira-kira pukul 9, nomor antrian saya dipanggil oleh customer service. Setelah dicek ternyata ada perbedaan tanggal lahir yang diinput perusahaan saya dengan tanggal lahir asli saya (kok bisa ya? Ngantuk kali yang nginput). Oleh customer service, saya diberi 1 form surat peryataan lagi untuk membetulkan tanggal lahir asli saya. Tentu saja, surat pernyataan itu harus di tandatangani di atas materai. Walhasil saya keluar dulu untuk cari materai.

Begitu semuanya selesai, saya kemudian menunggu lagi untuk dipanggil di loket kasir. Proses di sini lumayan lama. Nama saya baru dipanggil sekitar jam 11 siang. Tapi tak mengapa... hehe... karena uang langsung bisa saya terima hari itu juga.

Actually, mulai dari security, customer service sampai petugas kasir di Kantor Jamsostek Yogyakarta sangat helpfull. Sehingga saya merasa nyaman dan bayangan tentang perusahaan pemerintah kadang suka jelek dalam pelayanan publik (sorry....) tidak saya temukan di sini.

Alamat kantor Jamsostek Yogyakarta:
Jl. Urip Sumoharjo No. 106. Yogyakarta 55222
telp: 0274-519670, 0274-519671, 0274-518953

Website:
www.jamsostek.co.id

2 comments:

burtuqalun said...

No.Telpnya (0274)519670 atau(0274)518670 mbak Lisa ?

LISAGITULOH said...

hi... mas Bayu... sorry baru liat kalo ada komen.. hehe
kalo yang aku baca di website-nya jamsostek sih bener yang 0274- 519670
aku belum pernah nyoba telp juga :)